Laman

Sunday, July 19, 2015

Tips and Trick Memilih Judul Skripsi (Pendidikan)



Contoh judul skripsi
Dok. Pribadi
Sebagai mahasiswa yang angkatannya sudah tua senior, ada beberapa kebingungan diawal gue memulai dunia yang sangat rumit sebagai mahasiswa. Untuk mengurangi kebingungan mahasiswa tingkat empat level newbie, maka gue bikin postingan ini semoga bermanfaat, hehehe. Proses kelulusan sekarang ini masih menggunakan sistem pembuatan karya tulis berupa skripsi. Ada beberapa jenis skripsi diantaranya: Kualitatif, Kuantitatif dan Pengembangan. Dalam hal ini gue enggak bakalan jelasin lebih lanjut tentang penelitian kualitatif dan pengembangan. yang bakalan gue jelasin ini tentang penelitian Kuantatif jenis ekperimen, karena di jurusan gue diharuskan membuat penelitian dengan jenis ini, walaupun gue jua masih bingung kenapa harus jenis ini yang diguunakan.

Well, karena jurusan gue tentang pendidikan dengan jenis penelitian kuantitatif ekperimen, ini adalah tips dan trick biar enggak nyesel ketika ternyata judul yang di acc sama dosen adalah judul yang elu sendiri masih enggak paham dan blah blah blah

  1. Kenali metode pembelajaran yang bakalan elu pilih
    Nah karena ini tentang penelitian pendidikan, maka yang perlu kenali adalah metode yang bakalan elu pake. di dunia ini udah banyak banget yang menciptakan metode-metode pembelajaran yang super canggih, jadi elu tinggal googling dan pilih mana metode penelitian yang kira-kira "kebayang" sama elu dan sesuai sama bab yang bakalan elu ajarin, jangan sampe elu gagal di data penelitian gara-gara metode pembelajarannya enggak sesuai sama materi yang bakalan elu ajarin.
    Beberapa contoh metode pembelajaran: Example non example, picture non picture, numbered heads together, ccoperative script, student teams-achievement divisions (STAD), jigsaw, Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping, Make a Match, Think pir and share, role playing, Grup Investigation, Cooperative Integrated Readeng and Compotion (CIRC), dan Inside-Outside-Cirle.
    Untuk lebih lengkapnya bisa cek disini.

    Dalam skripsi pendidikan, bisa dibilang metode pembelajaran ini yang paling penting. hal yang bakalan elu lakuin selama elu penelitian adalah metode pembelajaran ini, atau istilah metode pembelajaran ini adalah perlakuan. Jangan sampe pas elu ngajuin judul, elu asal ambil metode penelitian karena misal namanya keren. Boleh aja sih, ambil metode pembelajaran karena keren, tapi kalo elu enggak paham syntax (Langkah-langkah) metode pembelajaran yang elu pilih, maka mati aja udah :( Kalo enggak, pilih metode lain aja. Imbasnya apa? Elu makin lama aja lulusnya, karena lulusnya lama, pacar elu ninggalin elu. Elu galau, skripsi makin terabaikan, makin lama aja lulusnya. Sumpeh, gue gak curhat!

  2. Kemampuan yang mau diuji
    Ini adalah hal kedua yang perlu pikirin setelah elu menemukan metode pembelajaran yang kira-kira cocok dan elu paham sama langkah-langkahnya. Kemampuan ini fungsinya adalah untuk dapet indikator soal yang bakal elu jadiin kisi-kisi instrumen penelitian. Karena gue jurusan pend. matematika, jenis-jenis kemampuan matematis diantaranya: Kemampuan Pemahaman matematis, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi, kemampuan koneksi, kemampuan penalaran, kemampuan representasi dll.

    Kemampuan-kemampuan tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi indikator-indikator instrumen, (untuk indikator kemampuan bisa googling sendiri yah. biasanya menurut NCTM, Polya, KilPatrick, dll). Nah setelah ada indikator, barulah kita membuat soal instrumen penelitian (fungsi soal penelitian ini sebagai naskah soal pretes (tes awal sebelum perlakuan) dan postes (tes akhir setelah perlakuan)). Hasil dari nstrumen inilah yang nantinya bakal jadi pembanding dan bakalan mengisi BAB IV nanti.

  3. Merangkai judul penelitian
    Biasanya judul penelitian pendidikan itu diawali dengan kata pengaruh, penerapan dan perbandingan. Jangan sampai terkecoh, karena kalimat-kalimat ini bakalan berpengaruh sama isi skripsi lo! Ini info yang gue dapet dari pembimbing senior gue pas gue nanya-nanya tentang rekomendasi judul (Yang ini bisa beda tergantung dosbing yah, bro).
    katanya:
    "Kalo judulnya ada kata pengaruh dan perbandingan, seharusnya di bab IV data hasil penelitian juga diitung pake Indeks Gain. Bedanya pengaruh sama perbandingan tuh biasanya perbandingan tuh menggunakan dua metode penelitian (walaupun hakikatnya penelitian pendidikan emang perbandingan, yaitu menggunakan dua kelas (kelas ekperimen yang menggunakan metode pembelajaran yang mau kita uji dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran sesuai kurikulum)) namun perbandingan ini jadinya pake 3 kelas yaitu, kelas kontrol, kelas ekperimen metode pembelajaran A dan kelas ekperimen metode pembelajaran B. Yang terakhir penerapan, penerapan ini bisa dibilang yang paling mudah diantara semuanya, gak ada ketentuan khusus, hanya jalani aja perlakuan)
Masih ngerasa bingung? Nih dikasih contohnya deh :)
  1. Pengaruh Metode Pembelajan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP.
    ini mengartikan:
    kalo penelitian ini metode pembelajarannya Mind Mapping, ituloh yang nyatetnya harus pake gambar berupa bagan
    nah, jenis intrumennya ini berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah
    Selanjutnya, ada kata pengaruh, jadi nanti dibagian perhitungan statistikanya ada pengujian indeks Gain
    dan yang terakhir, ada jenjang pendidikannya berarti penelitiannya dilakuin di tingkat SMP.
  2. Perbandingan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP
    ini mengartikan:
    kalo penelitian ini metode pembelajarannya Mind Mapping di kelas eksperimen A, ituloh yang nyatetnya harus pake gambar berupa bagan dan metode  Numbered Heads Together di kelas ekperimen B
    nah, jenis intrumennya ini berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah
    Selanjutnya, ada kata perbandingan, jadi nanti dibagian perhitungan statistikanya ada pengujian indeks Gain

Sekian, semoga bermanfaat!
Kalo ada yang mau ditanyakan, isi kolom komen aja yah!
CMIIW!

No comments:

Post a Comment