Laman

Sunday, April 3, 2016

Bawang Putih untuk Keloid

Holla! 
setelah sekian lama gak posting yah hahaa
jadi ini bermula saat gue jatoh dari motor, dan ternyata bekas lukanya malah berbentuk kek tonjolan gitu. Setelah gue gugling sana sini, ternyata itu namanya keloid gais. 
Ciri-ciri luka keloid itu, 1) Daging menonjol gitu, dalemnya bukan air atau nanah tapi yah daging aja gitu, 2) Kalo keteken apalagi kaya kesenggol gitu, perih dan linu. Parah.

Nah, setelah gue gugling juga, ternyata ada nih cara pengobatan keloid biar kempes gitu.
  • Dengan cara medis
Dengan cara medis yah dateng ke dokter spesialis kulit. Terus jelasin aja lukanya gegara apa, kenanya kapan, rasanya gimana dan mau digimanain. Yah, intinya curhat aja ke dokternya, nanti sama dkternya akan diberikan beberapa opsi atau bahkan rekomendasi bagusnya digimanain. Kalo cara medis sih biasanya di suntik gitu, bisa juga di operasi buat yang parah, atau yang paling praktis sih kayanya di operasi lasik gitu, jadi kaya dipanasin gitu. Yah, you know what i mean 
  •  Dengan cara tradisional
Nah yang ini yang sempet gue lakukan beberapa waktu yang lalu, karena kalo ke dokter gitu gue agak serem kalo disuntik pas keloidnya, bayanginnya aja udah ngeri. Kalo di operasi, gue yang masih berstatus semi-pengangguran ini jelas aja gak akan sanggup bayarnya. Akhirnya gue memutuskan buat pake cara ini aja. Dikompres pake bawah putih.
Nah kan jadi, si bawang putihnya ini di iris tipis, terus irisannya itu di tempel di keloidnya. Yah, segimana di kompres aja, tapi pake bawang putih. Nah, nanti tuh lama-lama bakalan gatel, Terus lama-lama bakalan kerasa panas gitu rasanya kaya kebakar, nah kalo udah ngerasa perih banget, langsung lepas aja. Lanjut lagi nanti.
Nah cara kedua, si bawah putihnya di parut dan di kompresin ke keloidnya. Nah kalo yang ini rasanya malah lebih ekstrim dari yang cuman di iris, soalnya si keloidnya ini langsung kaya yang kebakar gitu. Perih. Parah. Kalo udah enggak sanggup, dilepas aja bawah putih dari keloidnya. Lanjut lagi nanti, atau besok lagi juga gapapa.
Kalo gue compare, cara yang di parut emang langsung hasilnya keliatan. Dalam dua kali kompres (di dua malem) Keloid gue langsung kempes 1/3 nya. sedangkan kalo yang diiris tuh cuman sampe ngefek gatel aja, gak sampe berasa perih atau gimana. Gue saranin sih, yang baru nyoba mending di iris aja, mending agak lama tapi rasanya gak nyiksa. 
Menurut ilmu sok tau gue, sistem kerja bawah putih ini kek operasi lasik gitu, jadi setelah di kompres, si keloidnya bakalan merah kaya luka bakar dan akhirnya kering. Nah setelah kering, itu hasilnya kaya luka bakar. Pas udah melek gitu, keliatan banget keloidnya mengecil. Cara ini bisa dilakukan berkali-kali sampe keloidnya bener bener rata sama kulit di sekitarnya.
Metode ini juga katanya bisa dipake buat ngempesin jerawat, tapi gue belom pernah coba. Tapi perlu diingat yah, setelah di kompres/kena bawang putih, bakalan jadi luka bakar dan bakalan menghitam. So, kayanya gue gak menyarankan ini kalo kalian punya jerawat di muka, nanti yang ada malah minder gegara luka bakarnya. Ujung-ujungnya bekas lukanya malah tambah lebar dibanding bekas luka jerawatnya itu sendiri.
Tapi, Hati-hati buat yang punya alergi bawang putih. Jadi pengalaman pribadi gue, setelah gue kompres pake bawah putih, awalnya gue girang gegara keloidnya langsung kempes, eh besok paginya langsung muncul ruam-ruam gitu di kulit. Awalnya cuman di sekitar yang di kompres bawang putih, lama-lama jadi sebadan-badan (kecuali muka sama leher). Padahal selama dua hari itu gue gak ngerasa makan makanan yang aneh. Ruamnya cuman sebagian aja yang merahnya, enggak terlalu gatel juga sih. Tapi ganggu aja, berasa kulitnya kasar. Dan pas ruamnya ilang, malah nyisain banyak bekas luka di beberapa bagian tubuh. Jadi pastiin dl kamu enggak punya alergi sama bawang putih yah!
CMIIW, Kalo diantara yang baca ada dokter yang ahli di bidang ini dan ada kesalahan dari tulisan gue, bisa comment atau langsung email aja yah! 

No comments:

Post a Comment