Laman

Friday, April 18, 2014

Refleksi

Udah sekitaran 1 jam scroll timeline facebook. Udah lama juga gak buka socmed yang satu itu dengan seksama, dibacain satu-satu tiap post temen kaya dulu. Sebelum negara api menyerang. Ehem. Salah, maksud gue sebelum socmed twitter ngambil alih, sebelum gue ganti smartphone, dan sebelum facebook tempatnya para anak alay merajalela. Kurang lebih 3 tahun ini gue gak terlalu intens merhatiin facebook. Sekalinya dibuka pun paling diliatnya cuman birthday, notification atau enggak, request friends, gak kurang dan gak lebih dari itu. Ganti pp? gak usah ditanya, itu pp udah lebih dari 1 tahun gak gue ganti. Kenapa? karena gue cuman ngecek 3 hal tadi. Gak lebih.
Tapi malem ini gegara gue insom, twitter udah sepi, path juga, instagram juga, akhirnya iseng buka facebook, scroll scroll terus ke bawah, sampai akhirnya gue sadar, banyak banget update-an yang gak gue pahami. Banyak banget nama yang gue kenal tapi postingannya kaya bukan dia. Banyak hal yang tanpa gue sadari telah berubah banyak dalam kurun waktu 3 tahun ini. Dari yang dulu banyak posting tentang gimana capeknya beres latihan paskibra, berubah menjadi capeknya ngurus anak di rumah. Dari yang dulunya ribet ngurusin ujian sekolah, sekarang berubah menjadi ribetnya ngurusin kerjaan. Ada yang udah wisudaanlah, gak sedikit juga yang akhirnya lebih religi. Sedangkan gue masih gini-gini aja. Masih terpaku dengan layar handphone dan lebih banyak scroll timeline dibanding scroll tasbih apalagi baca buku. Gue masih sering baca novel picisan dibanding sama baca quran. Gue masih gini-gini aja, beda sama ekspetasi gue di 10 tahun kebelakang. Gue selalu melihat diri gue akan jadi manusia yang lebih baik dari ini. Bukan yang kaya gini, bukan menjadi orang yang detik ini sadar, detik berikutnya ngelakuin hal salah yang berulang. Gue bukan keledai dan gue tahu itu, tapi sayang, akal gue lebih goblok dari keledai, jatuh berulang ke kesalahan yang sama
Dulu pas gue masih umur 10 tahun, gue berharap kehidupan akan jauh lebih mudah, sayangnya pikiran gue salah, semakin gue berusaha buat ngerti tentang idup, tapi semakin bingung juga gue tentang idup. Mungkin bisa dibilang, gue belum menemukan inti dari tujuan hidup gue. Yah, gue tau, tujuan idup manusia gak jauh dari sukses akhirat, sukses juga di dunia. Tapi bukan itu yang gue butuhkan, bukan akhir, tapi langkah atau jalan menuju akhir. Gue masih blank. Idup gue udah 20 tahun. tapi gue ngerasa malah makin bego dibanding umur gue 10 tahun. Idup emang gak mudah, bahkan buat mecahin telor aja gak mudah, butuh usaha. Mungkin gue hrus lebih usaha, lebih banyak berdoa, mungkin jalan itu akan muncul dengan sendirinya. I wish...

No comments:

Post a Comment